Sabtu, 29 Desember 2012

Destinasi Wisata Alas Kedaton, Bali - Indonesia


 ALAS KEDATON

        Letak Geografis
Secara geografis, di sebelah  utara  Alas kedaton adalah Desa Adeng, di sebelah barat yakni Desa Jadi, di sebelah selatannya adalah Kelurahan Pengenang, dan sebelah timurnya adalah Desa Belayu. Sebagian besar wilayah Alas Kedaton dikelilingi oleh hutan yakni di sebelah selatan dan timur. Sedangkan di sebelah utara Alas Kedaton berbatasan dengan jalan  raya sertadi sebelah barat dari Alas Kedaton adalah persawahan. Luas secara keseluruhan dari Alas Kedaton  itu sendiri mencapai 12 Ha yang sebagian besar terdiri dari hutan dan pura Alas Kedaton beserta pelataran puranya, serta sebagian lagi digunakan sebagai akomodasi wisata dan area parkir.  Jarak Alas Kedaton  dari ibukota provinsi yakni Kota Madya Denpasar adalah ±40 km, dari ibukota kabupaten yakni kabupaten Tabanan  adalah ±4 km, dari ibukota Kecamatan adalah ±6 km, dari bandara Ngurah Rai adalah ±65 km, dari pelabuhan laut Benoa adalah ±60 km, dan dengan akomodasi terdekat ±40 km yang berlokasi di sebelah tenggara dari Kawasan Alas Kedaton. Lokasi dari Objek Wisata Alas Kedaton ditunjukan pada Peta 3.1 berikut:
Lokasi Alas Kedaton

     Kondisi Fisik Alamiah
Topografi dari Alas Kedaton ini adalah memiliki konfigurasi umum berupa dataran dengan ketinggian 60 meter diatas permukaan laut. Temperatur udara rata-rata tahunan di daerah Alas Kedaton adalah 28 °C sampai 29 °C,  dengan temperatur udara maksimum tahunan adalah 32 °C, sedangkan temperature minimum tahunan adalah 26 °C. Dan daerah ini memiliki curah hujan rata-rata 100 mm per tahun.
         Kondisi Prasarana Penunjang
Wisata utama dari Alas Kedaton adalah berkunjung menikmati pemandangan alam dengan hutannya yang masih dijaga kelestariannya serta kegiatan - kegiatan  yang dapat dilakukan berinteraksi dengan monyet-monyet secara langsung. Alas Kedaton memiliki potensi wisata yang bagus dengan adanya hutan sebagai pemandangan alam yang sejuk . Selain itu didukung pula  dengan adanya monyet-monyet yang dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung yang menjadikan kawasan ini lebih menarik. Terdapat pula sebuah pura di kawasan tersebut sehingga mencirikan kegiatan budaya yang dilakukan masyarakat sekitar Alas Kedaton yang tentunya menambah daya tarik wisata yang dimilikinnya. Cukup mudah untuk mencapai kawasan Alas Kedaton ini didukung dengan prasarana jalan yang telah memadai, serta prasarana lainnya yang telah mendukung perkembangan potensi wisata disana.
        Karakteristik Sosial Ekonomi Budaya
Art shop, warung, maupun kios warga setempat di Alas Kedaton
Di kawasan Alas Kedaton terdapat sebuah rumah makan dan terdapat pula beberapa kios makanan yang menjual makanan-makanan ringan. Di dalam Alas Kedaton sendiri banyak pula ditemukan kios-kios yang menjual kerajinan tangan serta barang kerajinan lainnya, yang dapat ditemukan mulai dari tempat parkir hingga bagian dalam objek namun tidak didalam hutan. Barang kerajinan tersebut  sebagian merupakan hasil karya tangan dari masyarakat Alas Kedaton dan sebagian lagi ada yang didapat dari hasil membeli. Dengan potensi wisata yang cukup menarik serta dengan prasarana yang memadai termasuk dengan parkir yang luas dan sangat memadai membuat kawasan ini menjadi kawasan yang wajib untuk dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar